Artikel

UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE-76 KALURAHAN TUKSONO

11 Januari 2023 15:39:10  Administrator  822 Kali Dibaca  Berita Desa

Upacara  peringatan hari jadi ke-76 Kalurahan Tuksono dilaksanakan kemarin tanggal 10 Januari 2023 di Lapangan Asem Cilik, Tuksono. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Tuksono. Peserta yang hadir pada upacara tersebut mulai dari perwakilan dari 12 padukuhan, linmas, PKK, RT-RW, RTS, peserta didik mulai dari SD, SMP, dan SMK se Kalurahan Tuksono, kalurahan mandiri budaya, dan karang taruna. 

Upacara dipimpin langsung oleh Bapak Zainuri (Lurah Tuksono) yang bertugas sebagai Pengageng Upacara, Serka Setyo Budi (Babinsa Tuksono) sebagai Pandego Upacara, Bripka Dwi Prasetyo (Babinkamtibmas Tuksono) sebagai Manggolo Upocoro, Bapak Juwari (Kamituwo Tuksono) sebagai suronoto, Ibu Tatik Kondang Nuryati  (palapa Tuksono) sebagai  pembaca riwayat singkat Kalurahan Tuksono, Bapak Bakri Hadi Sucipto (staf Kalurahan Tuksono) sebagai pembawa acara,  Bapak Sukirno (Dukuh Krebet), Bapak Suyatno (Dukuh Kalisoko), Bapak Yulianto (Danarta) bertugas sebagai komandan pleton, Bapak Ribut, Suparna, Rubikin sebagai pembawa songsong agung Tuksono dan lain-lain sebagai pengiring pusaka. 

Upacara tersebut dihadiri oleh Bapak  Drs. Untung Waluyo Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan. Beliau juga mengisi sambutan mewakili Bapak Pj Bupati Kulon Progo pada upacara tersebut. Ada juga dari Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Porgo, Kepala Dinas PMD dan Dalduk Kabupaten Kulon Progo, Kundho Kabudayan Yogyakarta, Ibu Hj. Ratna Purwaningsih, S.Pd., lurah-lurah se- Kapanewon Sentolo, Panewu Sentolo, Kapolsek Sentolo, dan Danramil Sentolo, para donatur dan lain-lain.

Pada sambutannya Lurah Tuksono menyampaikan tema peringatan hari jadi ke-76 yaitu JABAT ERAT KEARIFAN LOKAL UNTUK MAJU DAN SEJAHTERA YANG BERBUDAYA. Tema tersebut berkaitan juga dengan status Kalurahan Tuksono yang saat ini menjadi Kalurahan Mandiri Budaya supaya menjadi pemacu semangat untuk bisa membawa maju dan sejahtera yang tetap menjunjung nilai-nilai budaya yang sudah ada. Beliau juga menyampaikan rangkaian kegiatan hari jadi kali ini sudah dimulai tadi malam  (9 Januari 2023) dengan mujahadah dan pentas kethoprak Among Budoyo pimpinan Bapak Panewu Sentolo dan dengan pemain-pemain yaitu lurah se-Kapanewon Sentolo, kapolsek, dan danramil. Untuk malam-malam selanjutnya juga masih dilanjutkan pentas seni dari dua padukuhan di setiap malam nya. Setelah upacara akan dilaksanakan ziarah ke makam-makam para cikal bakal berdirinya Kalurahan Tuksono. Acara penutupan rangkaian kegiatan hari jadi dilaksanakan pada hari Senin dengan penampilan wayang kulit dari desa budaya Tuksono.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Raya Tuksono No 29,Karang, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo
Kalurahan : TUKSONO
Kapanewon : SENTOLO
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon :
Email : tuksonokulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:75
    Kemarin:117
    Total Pengunjung:132.649
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.16.238
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID