Artikel

PELETAKAN BATU PERTAMA BALAI BUDAYA DAN KAMPUNG TRADISIONAL TUKSONO

25 September 2023 08:47:21  Administrator  514 Kali Dibaca  Berita Desa

Kalurahan Tuksono merupakan salah satu Kalurahan Mandiri Budaya yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Kalurahan yang sudah berstatus menjadi kalurahan mandiri budaya memiliki kesempatan untuk mendapatkan dana keistimewaan. Di tahun 2023 Kalurahan Tuksono mendapatkan dua program dari dana keistimewaan yaitu untuk Pembangunan Balai Budaya dan kegiatan kalurahan mandiri budaya. Pada tanggal 21 September 2023 kemarin, Kalurahan Tuksono melaksanakan giat peletakan batu pertama untuk Pembangunan Balai Budaya dan Kampung Tradisional. Pembangunan tersebut terletak di Jalan Kawasan Industri Padukuhan Wonobroto, Tuksono. Acara tersebut dihadiri oleh banyak pejabat tinggi baik tingkat kabupaten maupun propinsi. Paniradya Pati Kaistimewan Yogyakarta,  Pj. Bupati Kulon Progo, dan OPD terkait  turut hadir dalam acara tersebut.

Pada sambutannnya Lurah Tuksono menceritakan proses Panjang dari pembangunan dua program tersebut, mulai dari rencana program kampung tradisional hingga proses izin tanah kas untuk pembangunannya. Lurah Tuksono menjelaskan bahwa lokasi tersebut adalah tanah kas kalurahan sehingga penggunaannya harus mendapatkan izin dari kasultanan Yogyakarta. Dengan tanpa menyerah akhirnya didapatkan izin tersebut sehingga proses pembangunan dapat dilaksanakan. lUrah Tuksono juga menyampaikan harapan dengan dibangunnya kampung tradisional nantinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang besar sehingga ketika wisatawan berkunjung ke DIY belum lega kalau belum ke Kampung Tradisional Tuksono.

Pj Bupati Kulon Progo menyampaikan dalam sambutannya tentang harapan-harapan dengan dibangunnya balai budaya dan kampung tradisional yaitu Kulon Progo mempunyai galeri kuliner dan kerajinan yang ada di Tuksono ini. Paniradya Pati juga menyampaikan  bahwa apabila ini sudah terbangun itu artinya belum cukup dan belum bisa dikatakan lega karena yang paling penting nanti ke depannya bagaimana bisa mempertahankan bangunan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Ini menjadi tantangan bagi kalurahan khususnya dan paniradya kaistimewan Yogyakarta pada umumnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Raya Tuksono No 29,Karang, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo
Kalurahan : TUKSONO
Kapanewon : SENTOLO
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon :
Email : tuksonokulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:102
    Total Pengunjung:128.619
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.149.205
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID