Artikel

MASIH DI MASA PANDEMI, PERAYAAN HARI JADI KE-75 KALURAHAN TUKSONO TETAP KHIDMAT

14 Januari 2022 08:30:44  Administrator  850 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kalurahan Tuksono sudah berusia 75 tahun sejak bergabungnya dua kalurahan yaitu Kalikutuk dan Kalisono. Tanggal 10 Januari kemarin adalah puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 Kalurahan Tuksono. Sudah tiga tahun terakhir ini Kalurahan Tuksono merayakan hari jadi di tengah pandemi covid-19. Namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari perayaan tersebut.

Serangkaian acara dilaksanakan dimulai dengan mujahadah pada malam hari tanggal 9 Januari 2022 di pendopo Kalurahan Tuksono dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara mujahadah berlangsung khidmad dengan tujuan mengirim doa untuk para cikal bakal berdirinya Kalurahan Tuksono yang telah mendahului sekaligus berdoa untuk Kalurahan Tuksono di masa-masa yang akan datang. Mujahadah dihadiri oleh perwakilan dari Kapanewon yaitu Ibu Sugiyatmini (Jawatan Sosial), Polsek Sentolo, Kyai Abdul Hamid, dan tokoh Masyarakat yang lain.

Keesokan harinya dilaksanakan upacara peringatan hari jadi ke-75 Kalurahan Tuksono di plataran Balai Kalurahan Tuksono. Hal tersebut biasanya dilaksanakan di lapangan asem cilik , komplek rusunawa. Akan tetapi, karena masih masa pandemi maka dilaksanakan di Plataran Balai Kalurahan Tuksono. Pada upacara tersebut dihadiri oleh Panewu, Kapolsek, Danramil Sentolo, lurah-lurah se-Kapanewon Sentolo. Tidak lupa juga mengundang para donatur pelaksaan acara tersebut seperti tiga perusahaan yang sudah dan akan berdiri di Kalurahan Tuksono yaitu CV. KHS, PT ALeeyah Sintasint Farma, dan PT Larissa. Pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dengan dibuka dan ditutup bahkan diselingi oleh Karawitan dari para generasi penerus Kalurahan Tuksono yaitu Condro Laras dari Taruban Wetan. Bahkan juga diselingi dengan tari gambyong yang juga dari putri-putri asli Taruban Wetan. 

Pada upacara tersebut Lurah Tuksono juga memberikan piagam penghargaan untuk para dukuh yang berprestasi di bidang pemungutan PBB tepat waktu, kader, dan pemuda berprestasi. Ketiga dukuh tersebut adalah Sri Sulastri (Dukuh Kaliwiru), Jemidi, S.Ag. (Dukuh Karang), Sutrisna (Dukuh Giling). Untuk kader berprestasi diberikan kepada Siti Rodhiah dari Kalisoko, Tuksono karena dedikasi dan loyalitasnya selama ini dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sedangkan untuk putra daerah Tuksono diberikan kepada Bayu Puji Santoso asal Giling, Tuksono karena berhasil dan sukses menjadi delegasi seni utusan Kraton Yogyakarta dalam acara Dubai Expo 2020 di Uni Emirat Arab.

Setelah upacara selesai, bakda dhuhur dilaksanakan acara selanjutnya atau terakhir yaitu ziarah ke makam para leluhur atau cikal bakak Kalurahan Tuksono. Hal itu juga rutin dilaksanakan tiap tahun untuk mengenang dan mendoakan para cikal bakal yang telah mendahului, bahkan sudah berjuang untuk Kalurahan Tuksono sampai dengan saat ini Kalurahan Tuksono bisa maju dan terus berkembang.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Raya Tuksono No 29,Karang, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo
Kalurahan : TUKSONO
Kapanewon : SENTOLO
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon :
Email : tuksonokulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:20
    Kemarin:168
    Total Pengunjung:128.204
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.223.0.53
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

10 Juni 2020 | 39.640 Kali
UPACARA ADAT TAMPA KAYA
27 Maret 2019 | 37.323 Kali
SITUS DESA TUKSONO
27 Maret 2019 | 37.311 Kali
KESENIAN DESA TUKSONO
06 Maret 2019 | 37.260 Kali
Profil Wilayah Desa
09 April 2019 | 36.942 Kali
Permohonan Informasi
06 Maret 2019 | 36.904 Kali
Pemerintah desa
08 Januari 2019 | 36.889 Kali
Sejarah desa

Statistik SID