WUJUDKAN KALURAHAN TUKSONO BERSATU  "BERSIH SANTUN DAN TULUS"

 

AKREDITASI DESA BUDAYA TUKSONO

Administrator 02 April 2019 07:54:19 Berita Desa

AKREDITASI DESA BUDAYA TUKSONO

Verifikasi merupakan langkah kebijakan yang diambil Dinas Kebudayan Diy dalam menilai 56 Desa Budaya yang ada, hal ini penting dilaksanakan agar dapat diketahui tinggkat kemajuan desa budaya tersebut, dari desa budaya Tumbuh, Berkembang maupun Desa budaya Maju.

Verifikasi ini telah berjalan selama seminggu yang lalu, diawali dari Kabupaten Gunung Kidul, lanjut ke Kulonprogo dan di hari pertama yakni Banjarharjo dan Pagerharjo, hari 2 di Tanjung Harjo dan Jati mulyo, Hari ketiga 27 Maret 2019 Di Desa Tuksono dan Sukoreno.

Desa Tuksono dan Sukoreno menyikapi verifikasi ini sebagai hal yang positif sebagai penertiban administrasi desa budaya Tuksono. Hal ini disikapi dengan penuh semangat oleh semua pengurus desa budaya bersama pendamping desa budaya yakni : Suparmi, Dwi Kistiana Putri dan Wahyudi serta didukung oleh kepala desa , perangkat desa serta tokoh masyarakat, kelompok seni, kelompok upacara adat dan sanggar bersatu padu menyiapkan acara tersebut.

Tim juri verifikasi desa budaya Tuksono kemaren terdiri dari:

1.Bp. Dwi Joko M.Hum

  1. Bp Drs Bugiswanto
  2. Bp.Drs Purwadmadi
  3. Ibu R. Ngt. Harimartina Susimarita

5 Bp. RM. Donny Megananda S.Si. MBA

Kedatangan Tim Verifikasi desa Budaya  di Tuksono Di sambut dengan kesenian Unggulan Dan asli dari Desa Tuksono yakni : Oglek. Dan penciptanya Bp. Noto Sunaryo.dan dilanjudkan Dengan tari Kebyok Anting Anting serta Tari Jaranan yang dimainkan anak anak Sanggar Ngamarto, selain itu juga di tampilkan Contoh Produk yang ada di desa Tuksono, yakni Kerajinan dari Agel, Tas dari kain perca, kerajinan Bathok, Permainan anak anak berupa Egrang, Dakon dan lain lainya.

Adapun Kuliner yang adaantara lain Makanan Olahan seperti Kripik Tahu , Emping garut. Jamu jamuan dan Pijat tradisional juga di Tampilkan selain itu juga dari Bahasa dan sastra Jawa, dengan di tunjukan dengan penulisan nama nama Jalan dan Gang gang desa Mengunakan Aksana jawa sebagai Penyanding Huruf Latin. Dari Tata ruang juga di tampilkan Foto Contoh contoh   berbagai macam jenis rumah2 Tradisional Jawadan Situs situs Warisan Budaya  yang ada Di desa Tuksono

Di akhir akreditasi desa budaya Tuksono, tim Verifikasi di ajak mengunjungi Beberapa Situs yang ada di Desa Tuksono, yakni: Sendang Kamulyan, Petilasan Joko Tarub, Mur Sinung, Batu Lingga Yoni desa Tuksono.

@. Yudi Yowess Mamik Louw Kisti Tik

Komentar atas AKREDITASI DESA BUDAYA TUKSONO

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Jogobyo Ulu-Ulu Kamituwa Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Staff Desa Staff Desa Staff Desa Lainnya Lainnya

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung